Lensapapua.com

Bhabinkamtibmas Wajib Kawal Dana Desa/Kampung.

 

MANOKWARI,  — Bhabinkamtibmas wajib serta rutin berkerja sama dengan aparat desa/kampung, untuk ciptakan situasi yang aman serta menjaga kelancaran kegiatan yang dilaksanakan disetiap desa/kampung binaannya.

Terkait hal ini Kapolres Manokwari AKBP Christian Rony Putra, S.IK,MH yang diwakili oleh Wakapolres Manokwari KOMPOL Andi Mapparenta, S.Sos, serta didampingi oleh Kabag Sumda KOMPOL I Gusti Ngurah. W, S.Sos, Kabag Ren KOMPOL Andarias LIPAN, SH dan Kasat Binmas IPTU Subiyanto, SH melakukan Pertemuan dengan Anggota Bhabinkamtibmas Polres Manokwari dan Polsek Jajarannya, Rabu (11/10/2017) pagi,  bertempat di aula Polres Manokwari. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pencerahan kepada anggota Kepolisian yang mendapat tugas sebagai Bhabinkamtibmas di setiap desa/kampung tersebut.

Mewakili Kapolres Manokwari, Wakapolres Manokwari KOMPOL Andi Mapparenta, S.Sos saat memberikan arahan kepada jajaran bhabinkamtibmas menjelaskan, Bhabinkamtibmas dari anggota Kepolisian tersebut memiliki Tupoksi (tugas pokok dan fungsi) yang harus dijalankan. Yakni melakukan deteksi dini persoalan, identifikasi masalah, dan pemecahan masalah.

“Tugas itu yang diemban oleh Bhabinkamtibmas di setiap desa. Dan mereka harus bermitra dengan Kades dan elemen masyarakat di lingkungan bawah,” kata Mapparenta.

Selain tugas pokok, sekarang ini Bhabinkamtibmas juga mendapat tugas mengawal Dana Desa. Dimana tugas Bhabinkamtibmas mengawal perencanaan program hingga pelaksanaan program Dana Desa dan dana-dana sumber lain di pedesaan, melihat jumlah anggaran dana desa yang dikucurkan oleh Pemerintah sangatlah besar. Dimana mencapai sekitar Rp. 1 miliar setiap kampung/desanya.

Oleh sebab itu, Bhabinkamtibmas wajib mengingatkan mitranya yakni Kepala Desa/ kampung binaannya apabila ada perencanaan program dana desa yang tidak sesuai dengan peruntukkannya. Artinya, langkah pencegahan terjadinya persoalan dalam alokasi Dana Desa bisa dilakukan oleh Bhabinkamtibmas.

“Bila ternyata Bhabinkamtibmas sudah mengingatkan adanya kesalahan program dana desa tapi tidak dihiraukan maka risiko persoalan harus dipertanggung jawabkan oleh pelaksana program,” ucapnya

Memang, diakuinya tujuan dari dilakukanya pengawalan dana desa oleh Bhabinkamtibmas tidak lain agar jangan sampai ada program dana desa yang salah sasaran. Dan Bhabinkamtibmas harus memastikan program dana desa sudah sesuai dengan ketentuan aturan yang ada.

“Jadi anggota Kepolisian diberikan tugas oleh Negara ikut mengawal dana desa agar tersalurkan dengan benar,” tandasnya

Sehingga dengan adanya pengawalan program dana desa oleh Bhabinkamtibmas di setiap desa dinilai cukup baik. Dengan demikian Kepala Desa ada yang mengingatkan bila ada kekeliruan dalam realisasi dana desa yang tidak sesuai dengan aturan Undang-undang. (ian)

 

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *