Tumbuh Kembangnya Suatu Daerah Ditentukan Dinamisnya Masyarakat

Tampak depan, dari kiri Kepala BPKAD, Bupati, Wakil Bupati Sorong, saat pengukuhan sebagai Among bagi suku Batak.

Lensapapua-    Bupati Sorong Dr. Drs. Stepanus Malak, M,Si., mengemukakan, suatu daerah dapat bertumbuh dan berkembang tidak semata-mata tercipta karena tata layanan atau sistim pemerintahan yang ada, tetapi dituntut dinamisnya masyarakat.

Dinamisnya kelompok masyarakat dengan segala kepentingannya, sehingga membuat situasi menuju suatu perubahan yaitu perkembangan, baik dalam tingkat intelektual, kebersamaan, tingkat aspirasi budaya yang menuju suatu tata kehidupan yang lebih baik dimasa yang akan datang. jelasnya saat menghadiri pengukuhan ikatan Kerukunan Keluarga Batak Kabupaten Sorong (KKBKS) Sabtu (29/11)

Lanjut dikatakan Bupati, dengan berbagai pengalaman dalam hidup bermasyarakat hendaknya dapat menjadi modal untuk menggapai makna hidup yang lebih berarti kedepan, sehingga perubahan dalam lingkup masyarakat tersebut menjadi perubahan akumulasi dari seluruh kepentingan masyarakat, perubahan juga terjadi karena adanya berbagai hal-hal yang muncul dalam perubahan waktu dan situasi.

Oleh karena itu, perubahan dan perkembangan Kabupaten Sorong dimasa yang akan datang tergantung kepada kita semua termasuk ikatan KKBKS, baik itu sentuhan tangan, sentuhan pikiran dan juga dinamisnya hidup yang akan dibangun dalam persatuan dan kesatuan kemasyarakatan.

Ditambahkan Bupati, seperti perkembangan yang ada saat ini akan terus terjadi karena peran pemerintah daerah pada bingkai Kabupaten Sorong adalah mempasilitasi, sehingga ruang publik masyarakat semakin tumbuh dan berkembang secara dinamis, semakin luas dan terus bertambah pada masa mendatang.

Tetapi jika tidak diisi dengan aktivitas, pola berpikir, sikap dan kinerja yang baik dalam struktur hidup bermasyarakat, maka akan membawa ketertinggalan dan  keterbatasan kita pada perubahan perkembangan yang ada.

Oleh karena itu, Bupati berharap kepada ikatan KKBKS hendaknya menjadi suatu benang merah yang dapat terus tersambung dalam struktur kehidupan sosial budaya, nilai kemajuan didaerah ini dimasa yang akan datang, harap Bupati. Red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.