Pastikan Kualitas Faskes, BPJS Kesehatan Sorong Lakukan Kredensialing

Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sorong. Dok/red
Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sorong. Dok/red

Lensapapua, Sebelum bermitra dengan BPJS Kesehatan, setiap fasilitas kesehatan haruslah melalui tahap kredensialing. Kredensialing adalah seleksi awal melalui penilaian pemenuhan persyaratan bagi fasilitas kesehatan (faskes) yang akan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Kriteria bagi faskes yang ingin bergabung antara lain sumber daya manusia (tenaga medis yang kompeten), kelengkapan sarana dan prasarana, lingkup pelayanan, dan komitmen pelayanan. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, faskes milik pemerintah wajib bermitra dengan BPJS Kesehatan. Sedangkan faskes swasta dapat bermitra dengan memenuhi persyaratan dan kredensialing yang tertuang dalam regulasi pemerintah.
Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Rahima Tuhulele mengatakankan, rekredensialing dilakukan sebagai upaya peningkatan mutu pelayanan dan meninjau kembali kelengkapan administrasi, seperti NPWP, Surat Izin Operasional (SIO), Surat Izin Praktik (SIP), Surat Ijin Praktik Apoteker (SIPA), dan Surat Ijin Praktik/Surat Ijin Kerja (SIP/SIK) serta berkas lainnya yang berkaitan dengan sarana prasarananya.
“Peserta merupakan bagian penting dari program JKN-KIS, untuk itu, BPJS Kesehatan berkomitmen untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada peserta. Salah satu cara untuk memenuhi komitmen itu adalah dengan menyediakan faskes baik di semua tingkatan yang dapat memberikan layanan kesehatan berkualitas, profesional, dan memuaskan.” Tegas Rahima.
Sementara itu, Dokter Peraktek Perorangan dr. Minarta Situmorang mengungkapkan akan terus mengoptimalkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS yang datang berobat ke tempat perakteknya.
“Walaupun masih terdapat beberapa kekurangan, kami tetap berusaha semaksimal mungkin melayani setiap peserta yang datang berobat, terkait peralatan yang masih belum terpenuhi akan segera kita lengkapi,” kata Minarta.
Menurutnya program JKN-KIS dari bulan ke bulan mengalami banyak peningkatan, baik dalam bidang teknologi, regulasi dan komunikasi dengan faskes. Salah satunya adalah program aplikasi Mobile JKN yang memberikan kemudahan bagi peserta untuk memilih Faskes Tingkat Pertama yang diinginkan.
Hingga saat ini BPJS Kesehatan Cabang Sorong telah bekerjasama dengan 115 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang terdiri dari 7 Klinik Pratama, 83 Puskesmas, 5 Klinik TNI/POLRI, dan 18 Dokter Praktik Perorangan. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.