Melalui CSR Perusahaan PT. Petrosea Jalin Kerjasama Dengan Kelompok Usaha Kecil Masyarakat

Matheus Alfredy. K. CSR Coordinator PT. Petrosea.

Lensapapua–   Perusahaan PT. Petrosea Tbk merupakan perusahaan publik yang berdiri tahun 1972 dan bergerak dalam bidang jasa kontrak pertambangan, Engineering & Project Managemen serta Oil dan Gas Services.

 

Khusus diarea operasional Kabupaten Sorong, tepatnya di Distrik Malawele Kelurahan Klabinain,  segmen bisnis yang disediakan Petrosea adalah Petrosea Offshore Supply Base ( POSB) yang secara konsisten memberikan jasa berstandar international pada seluruh kliennya.

 

Sebagai perusahaan besar, PT. Petrosea sudah pasti berjalan pada koridor atau aturan yang sudah ditentukan. Salah satunya dengan merealisasikan CSR pada masyarakat disekitar ring I perusahaan.

 

Matheus Alfredy K. CSR Koordinator PT. Petrosea mengatakan, sejak beroperasi di Kabupaten Sorong pada 16 Agustus 2016, sudah banyak hal yang dilakukan pihak perusahaan melalui CSR (Corporate Social Responsibility) untuk mengembangkan komunitas masyarakat khususnya di Klabinain diwilayah Ring I.

 

Salah satunya KUBE ( Kelompok Usaha Bersama) yang didalamnya melibatkan seluruh masyarakat Klabinain untuk terlibat secara langsung dalam pembuatan atau produksi usaha. Kata Matheus saat menghadiri kegiatan Forum Komunikasi Kemiteraan UMKMK yang dilaksanakan Dinas PM & PTSP Papua Barat dihotel Aquarius Aimas. Selasa ( 17/9)

 

Lanjut dikatakan Matheus, seperti yang saat ini sedang berlangsung pembuatan hole KUBE, yang mana anggota atau pengurus KUBE terlibat langsung sebagai pengelola Limbah Domestik botol plastik.

 

Bekerjasama dengan Bank sampah Sorong Raya dalam mengelola sampah plastik untuk bisa dijual keluar daerah dwngan harga yang lumayan, sehingga hasil dari kelompok ini bisa dimanfaatkan dan bisa dikembangkan untuk unit usaha lainnya. Beber Matheus.

 

Diakui Matheus, untuk kelompok usaha kecil baru 1 kelompok masyarakat. Itu pun karena pertimbangan dari managemen perusahaan. Dengan harapan minimal dari area terdekat dari  perusahaan.

 

Dengan  motivasi dari berbagai aspek yang sudah diberikan perusahaan, jika kelompok ini nantinya sudah berhasil dan berkembang, maka tidak menutup kemungkinan kita juga akan melebarkan sayap kearea lainnya. Kata Matheus

 

Dikatakan Matheus, program yang sudah dirancang dan disiapkan Perusahaan tentu akan direalisasikan, baik ditahun ini maupun ditahun mendatang khususnya diwilayah ring I.

 

Dari hasil pengamatan pihak perusahaan, Untuk KUBE binaan perusahaan sampai saat ini sudah menunjukkan hasil yang cukup positif dan meningkat.

 

Kami tinggal melihat kemandirian dari masing-masing anggota, kemudian akan dimonitoring dan dievaluasi. Yang pasti keterlibatan pihak perusahaan untuk kelompok usaha kecil masyarakat tidak akan pernah lepas,  sampai pengurus dan anggota KUBE benar-benar sudah bisa mandiri. Pungkas Matheus.

 

Selain itu, kata Matheus, melalui program CSR, Perusahaan Petrogas juga sudah melaksanakan beberapa hal lainnya seperti pembangunan sarana dan prasarana Sekolah SD Inpres 63 maupun dari bidang kesehatan.

 

Bahkan kata Matheus, SD Inpres 63 sejak dibangun pemerintah setempat pada belasan tahun silam, belum pernah melaksanakan upacara bendera. Karena lingkungan sekitar sekolah tersebut kurang memadai.

 

Namun melalui program CSR perusahaan PT. Petrosea,  kekurangan sarana dan prasarana tersebut, telah dipenuhi. Sehingga SD 63 Klabinain sudah dapat melaksanakan upacara bendera sebagaimana mestinya. Beber Matheus. Red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.