Forkopimda dan Tokoh Masyarakat Biak Numfor Deklarasi Menjaga Kedamaian di Tanah Papua

Lensapapua, Biak – Menolak Rasisme di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia maka masyarakat dari beragam suku bersama Bupati Biak numfor, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan, Forkopimda beserta seluruh unsur TNI – Polri yang ada di Kabupaten Biak Numfor melaksanakan Deklarasi damai untuk tetap menjaga persatuan dan keamanan yang ada, Senin (9/9/2019).

Deklarasi yang dilaksanakan di Kantor Polres Biak numfor ini di bacakan oleh Bupati Biak numfor Herry Ario Naap dan diikuti/di ucapkan kembali oleh seluruh undangan yang hadir dan dilanjutkan dengan penadatangan kesepakatan bersama.

Dengan isi deklarasi kesepakatan bersama yakni seluruh warga negara NKRI di tanah Papua dengan beragam suku, bahasa dan adat istiadat bersepakat menyatakan menjaga persatuan dan kesatuan ditanah Papua, Hidup berdampingan rukun, damai dengan penuh kasih sayang, sepakat tidak terpengaruh dengan isu – isu yang tidak benar, sepakat menolak kelompok separatis dan radikal di tanah papua.

Dalam sambutannya Bupati Biak numfor mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada di Biak numfor untuk tidak mudah terpengaruh dengan isu isu hoaks yang beredar serta menunjukan toleransi secara nyata dalam kehidupan sehari hari, saling menghargai dan menghormati satu sama lain serta selalu mewujudkan rasa kenyamanan bagi seruh masyarakat yang ada di Biak numfor.

“Terima kasih kepada seluruh tokoh masyarakat yang ada, para sesepuh masyarakat Biak serta seluruh pimpinan TNI Polri yang terus bekerja keras memberikan pemahaman, merangkul masyarakat sehingga terwujud situasi aman dan kondusif di Kabupaten Biak numfor,” Ujar Bupati.

Bupati menegaskan, agar rakyat menunjukan aspirasinya dengan elegan, dengan pola pikir dan beretika dan berbudaya demi terciptanya Biak numfor aman dan damai, “Tidak hanya sekedar kata kata atau seremonial saja, mari kita buktikan bahwa Biak numfor ini memang benar benar aman dan damai,” Tegas Bupati.

Sementara itu Kapolres Biak Numfor AKBP Mada Indra Laksanta, SIK., M.Si mengungkapkan bahwa Semua penegakan hukum sudah dilakukan tanpa pandang bulu, untuk itu Ia mengajak masyarakat agar tetap menjaga situasi tetap kondusif dan agar masyarakat bisa menyampaikan segala sesuatu dengan cara-cara yang bermartabat karena dengan begitu menunjukan kebudayaan yang sesungguhnya.

Menurut Kapolres keamanan adalah modal dasar terlaksananya pembangunan serta bisa mendukung program-program Bupati kedepan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Oleh karena itu kita semua mari bekerjasama, tetap bergandengan tangan, jangan terlepas untuk menghadapi situasi yang ada agar Biak tetap aman dan kondusif, pembangunan tetap jalan dan masyarakat sejahtera,” Kata Kapolres.

Kapolres berharap pelaksanaan Deklarasi ini tidak hanya seremonial saja akan tetapi di aplikasikan di dalam kehidupan sehari hari dalam bermasyarakat, “Masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan berita hoaks yang akhir akhir ini sangat gencar yang bisa menghancurkan persatuan dan kesatuan, apabila beredar informasi informasi hoaks di masyarakat bisa langsung dilaporkan ke pihak yang berwenang,” Pungkasnya.(red/rin)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.