Lensapapua.com

Terzolimi Diatas Tanah Sendiri Marga Banlol Tuntut Pertamina JOB Salawati Sorong

Lensapapua–  Masyarakat marga Banlol salah satu pemilik hak ulayat didaerah Salawati Kabupaten Sorong Papua Barat menuntut haknya kepada perusahaan JOB Petrochina Salawati.

Tuntutan tersebut sehubungan dengan kepemilikan hak ulayat  atas tanah yang dijadikan tambang oleh Pertamina dan Petrochina diwilayah Salawati Papua Barat.

Seperti dikatakan salah seorang warga marga Banlol pada media ini, “kami sudah dijolimi selama ini, lebih kurang 25 tahun, kami tidak mendapat keuntungan apapun dari hasil pertambangan pengeboran minyak di atas tanah nenek moyang kami”.

Kami sangat kecewa atas perkataan salah seorang pejabat di JOB ini, yang mengatakan bahwa marga Banlol bukan pemilik atas tanah di wilayah Salawati. dan mereka memberikan pembayaran ganti rugi tidak mengikut sertakan marga Banlol.

Disini perlu kami tegaskan, bahwa kami memiliki data dan surat pengakuan dari Bupati Kabupaten Sorong,  ini bukan terjadi baru baru ini saja.

Maka kami minta agar Pertamina JOB dan Petrochina meralat ucapannya yang ada di media nasional beberapa waktu yang lalu, ucapnya.

Kami juga perlu memberitahukan bahwa saat ini, kami telah memberikan kuasa pengurusan persoalan ini kepada salah satu kantor pengacara di Jakarta.

Mewakili seluruh masyarakat marga Banlol, kami mengucapkan trimakasih yang sebesar besarnya kepada Ketua ikatan keluarga Suku Key, yang telah memberikan perhatian khusus atas penderitaan kami, sumbangan pemikiran serta mengarahkan kami untuk menuntut hak kami.

Oleh sebab itu mulai saat ini, kami sudah menguasakan pengurusan hak kami ini kepada Kantor pengacara Heri chariansyah dan rekan, yang berkantor di jakarta, tambah nya.

Ketika media ini mengkonfirmasikan kepada Pengacara Heri chariansyah SH MH, mengakui bahwa pihaknya sudah memberikan surat somasi kepada Pertamina JOB Petrochina, atas tuntutan klien kami.

Kami mengharapkan balasan atas surat somasi tersebut, dan perlu di ingat, bahwa sesungguh nya, klien kami marga Banlol adalah benar pemilik hak ulayat atas tanah lokasi yang dijadikan lokasi tambang minyak itu, maka sudah selayak nya, memberikan kontribusi yang baik kepada masyarakat pemilik hak ulayatnya.

Untuk menghindari sikap dan aksi yang akan dilakukan masyarakat marga Banlol, karna setahu saya, sesuai dengan perkataan mereka, bila surat somasi ini sudah diterima dan tidak mendapat tanggapan yang positif, mereka akan melakukan aksi pemalangan, dan pendudukan atas lokasi yang merupakan hak mereka, ucapnya menambahkan.

Oleh sebab itu kepada semua pihak kami minta marilah kita berpikir positif dan menggunakan hati nurani kita, agar semua pihak bijak dalam mengambil sikap, ungkap nya mengakhiri. berita ini dilansir dari media berantas news.com ( Red)

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *