8 Daerah Di Papua Barat Belum Bentuk PPID

Abd. Karim. Kepala Seksi pelayanan informasi publik. Pada dinas Kominstaper Kabupaten Sorong.

Lensapapua–     Kepala  Dinas Komunikasi Informasi  Statistik dan Persandian ( Kominstaper), Marthen Nebore, S. Sos. M.Si., melalui  Kasi pengelolaan Komunikasi layanan publik dan Hubungan Media, Abdul Karim S.Sos, mengatakan,  sesuai hasil rapat kerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi  (PPID) yang berlangsung  di Kota Makkasar pada 18-19 Maret 2019 kemarin, pada intinya masih ada 52 daerah di bagian Indonesia Timur yang belum membentuk PPID. Kata Karim saat ditemui diruang kerjanya. Senin (25-3/19)

 

Secara khusus di Papua Barat kata Karim, ada 8 daerah yang juga belum membentuk PPID yaitu: Kabupaten Kaimana, Maybrat, Pegunungan Arfak, Tambrauw, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kota Sorong dan Kabupaten Sorong.

 

Akan tetapi kita di Kabupaten Sorong baru-baru ini sudah membentuk PPID dan saat ini kami sedang menunggu pengesahannya melalui peraturan ataupun SK Bupati.  Dan saat ini SK Bupati tersebut sedang digodok dibagian Hukum. Kata Karim.

 

Jika SK Bupati tersebut sudah ada, maka kami akan segera laporkan ke pusat penerangan Kemendagri, agar PPID nya bisa langsung eksis. Jelas Karim.

 

Lanjut Karim, sesuai UU nomor 8 tahun 2014 tentang keterbukaan informasi publik, maka tugas pokok PPID adalah memberikan pelayanan informasi kepada publik atau masyarakat.

 

Sebagai salah satu contoh kata Karim, jika ada masyarakat yang menanyakan suatu inrformasi tentang pelayanan pemerintah dalam bidang kesehatan, maka kami dari dinas Kominfo akan memberikan jawaban, namun secara teknisnya akan kami arahkan langsung ke OPD terkait, karena salah satu tugas sekretaris dimasing-masing OPD adalah memberikan pelayanan informasi bagi masyarakat. kata Karim.

 

Tetapi ada informasi yang dapat diberikan dan ada yang dikecualikan, informasi yang dikecualikan dalam hal ini adalah, ada hal yang dianggab dapat mengganggu stabilitas keamanan nasional, ataupun menjaga kerahasiaan negara, beber Karim.

 

Ditambahkan Karim, pentingnya tugas PPID ini untuk memberikan akses informasi kepada masyarakat, sehingga semua informasi yang dibutuhkan masyarakat dapat dilayani sesuai tupoksi dari masing-masing OPD.  jelas Karim. Red

 

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.